Bahaya Merokok

Bahaya Merokok

Assalamu’alaikum wr. wb.

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya mengucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk menyampaikan ceramah yang singkat ini yang semoga bermanfaat untuk diri saya pribadi khususnya dan para pendengar sekalian.

Pertama – tama marilah kita panjatkan puji syukur kita ke hadirat Allah SWT yang mana pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di tempat yang insyaalllah dirahmati oleh Allah SWT, dank arena Dia pulalah yang telah memberikan nikmat kepada kita sehingga kita dapat berada ditempat ini dalam keadaan sehat wal’afiiat.

Bapak – Bapak, ibu – ibu dan saudara – saudara sekalian yang berbahagia,

Setiap orang pasti menginginkan yang namanya hidup sehat. Bahkan seorang perokok beratpun bila ditanya juga memilih hidup sehat. Kali ini saya akan menyampaikan sedikit tentang bahaya merokok bagi kesehatan. Perlu kita ketahui, sebenarnya rasa tidak enak ataupun rasa stress yang dirasakan seorang perokok adalah efek dari adiksi atau kecanduan.

Hanya 8 detik setelah hisapan pertama para perokok akan segera mendapatkan rasa rileks, yang sebenarnya merupakan pemenuhan tuntutan nikotin pada syarat-syaraf otaknya. Ketika syaraf – syaraf tersebut menagih nikotin yang selalu disuplai lewat kebiasaan merokok, mereka tertekan dan tidak dapat memusatkan pikirannya.

Adanya zat adiktif pada rokok akan membuat perokok menginginkan rokok untuk kedua kalinya. Zat adiktif inilah yang dapat menyebabkan penyakit kanker, serangan jantung, impotensi, serta gangguan kehamilan dan janin.

Selain menyebabkan berbagai penyakit, merokok dapat menjadikan seorang miskin. Uang yang seharusnya digunakan untuk hal – hal yang bermanfaat malah dibakar begitu saja. Itu merupakan contoh kemubaziran. Sebagai seorang muslim, kita harus menghindari rokok, karena rokok dapat merugikan kita baik di dunia bahkan juga di akhirat. Sebaiknya, uang yang kita miliki digunakan untuk hal – hal yang bermanfaat misalnya bersedekah, membeli buku, membantu orang yang lagi kesusahan dan lain sebagainya.

Bapak – bapak, ibu – ibu dan teman – teman  yang saya hormati. Demikianlah ceramah yang bisa saya sampaikan dengan harapan segala kebaikan kita senantiasa dirahmati oleh Allah SWT. Dan mudah – mudahan kita selalu dituntun oleh-Nya melakukan perbuatan terpuji dan berakhlak mulia. Amin, Ya Rabbal ‘Alamin,,,

Wallahu A’lam,,,

Wassalmu’alaikum wr. wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s