Tolong Menolong

Setiap orang yang sudah mengaku dirinya sebagai orang islam, maka dia berkewajiban mengembangkan perbuatan – perbuatan yang luhur sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong royongan :

2. tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. (q.s al maidah ayat 2)

Nabi telah bersabda :

“Dan Allah akan menolong hambaNya selama hamba itu mau menolong saudaranya.” (Hadist Riwayat Muslim)

Dan kemudian Lagi sabdanya :

“orang mukmin saudara orang mukmin. Dia menolak segala rupa gangguan yang mengganggu sawah ladang saudaranya itu. Dan dia wajib menjaga sawah lading saudaranya dalam keadaan saudaranya itu tiada tempatnya. (H. R Abu Daud)

Sumber :

Tuntunan Da’wah dan Pembinaan Pribadi Muslim, Sunarto, Pustaka Amani Jakarta

 

2 komentar di “Tolong Menolong

  1. Assalamu’alaikum…
    Maaf ana mau nanya, apakah orang yg suka menolong orang lain tetapi tidak pernah sholat tergolong memiliki akhlak yang baik
    syukron 🙂

    • wa’alaikum salam warrahmatullahi wabaraktuh…
      kalau menurut saya pribadi, akhlak itu kan terbagi 2 yakni akhlak terpuji dan akhlak tercela, kalau suka menolong orang lain itu termasuk akhlak terpuji nah, itu hanya hubungan antara manusia ke manusia, akan lebih baik lagi kalau hubungan antara manusia/hamba dengan tuhannya juga baik, tentunya dengan mengerjakan amal perintahnya serta menjauhi apa yang dilarangnya, jadi pendapat saudara itu sudah tergolong orang yang berakhlak baik, tetapi akan lebih baik lagi perintah Allah swt juga dikerjakan.

Tinggalkan komentar