Bahaya Dengki

Sifat Hasud adalah sifat iri hati kepada orang lain. Adapun iri hati ialah merasa tidak rela atas kenikmatan Allah yang dirasakn orang lain, sehingga ia menjadi benci. Sifat ini sangat berbahaya karena dapat menghancurkan amal kebaikan. Orang yang senantiasa berbuat baik, misalnya tekun dalam menjalankan shalat dan bersedekah, namun jika dihatinya memiliki sifat dengki dan iri hati, maka rusaklah amal kebaikan yang dilakukan.

Rasulullah saw bersabda: “Ada tiga perkara yang orang tidak akan selamat darinya, yaitu prasangka buruk, hasud (iri hati) dan khawatir tidak mendapatkan sesuatu”. Kemudian seorang sahabat bertanya, “ Ya Rasul, bagaimana cara menyelamatkan diri dari tiga sifat itu? Rasulullah menjawab, jika kau memiliki prasangka buruk kepada seseorang, maka janganlah kau selidiki sampai terbukti. Dan jika di dalam hatimu ada kekhawatiran tidak mendapatkan kebaikan, maka berusahalah sampai tercapai.

Ketika di hati kita terdapat rasa iri hati maka hendaknya janganlah diwujudkan menjadi kenyataan. Sebab jika kita dapat menahan rasa iri hati itu, maka Allah akan memaafkan. Artinya, selama iri hati itu belum dilakukan, maka masih ada ampunan atas dosa tersebut. Dan ketika kita berprasangka buruk, maka janganlah kita mencari – cari bukti terhadap kabar atau suara burung yang kita dengarkan. Agar niat untk menyelidiki  itu tidak terwujudkan.

Orang yang mempunyai kebiasaan iri hati kepada sesamanya, maka ia akan ditimpa lima bencana, yaitu, hatinya tidak bisa tenang namun selalu kacau. Ia ditimpa cobaan yang tidak mendapatkan pahala. Semua cobaan Allah itu akan dig anti dengan pahala, kecuali menimpa terhadap orang iri hati. Kemudian orang yang iri hati akan mendapat murka dari Allah dan tidak mendapatkan taufiq dariNya.

Membersihkan hati dari sifat iri hati dan dengki adalah merupakan sunnah Rasul. Barang siapa mengikuti sunnah Rasul, berarti cinta kepadanya dan akan diperkenalkan mendampinginya di surge. Oleh karena itu setiap muslim diwajibkan membersihkan qalbunyadari sifat buruk itu.

Sumber :  Sumber : budianta. 2003. Maeri – materi Kultum (kuliah 7 menit). Surabaya; Pustaka Media

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s